Kamis, 19 Januari 2012

MENJAGA KINERJA DAN UMUR HARDDISK

Ingin harddisk anda tetap sehat dan bekerja secara maksimal? Ada banyak cara untuk mewujudkannya. Semua bias ada simak dibawah ini.


Biasakanlah untuk selalu melakukan defragmentasi sector pada harddisk untuk mengurutkan letak data yang tersimpan didalamnya gunakan peranti yang mendukung, misalnya Disk Defragmenter pada system operasi Windows. Piranti ini bias diakses melalui menu start > All Programs > System Tools > Disk Defragmenter.Periksa kondisi fisik harddisk menggunakan fasilitas Scan disk. Klik kanan pada harddisk lalu pilih properties dan buka tab tools setelah itu klik Check Now.Sisakan ruang kosong pada harddisk minimal 10 % dari total kapasitasnya untuk menyediakan ruang napas bagi harddisk. Dengan demikian, harddisk bias bekerja dengan baik. Bersihkan semua file yang bersifat sementara misalnya pada C:\Windows\Temp\. Masuklah ke folde c:\windows\documents and settings, lalu klik menu tool > Folder option pada browser. Berilah tanda cek pada Show hidden folders. LAnjutkan akses ke folder documents and Settings\nama user\local setting\temporary internet files dan temp. hapuslah isi kedua foldewr tersebut. Ingat jangan sampai anda salah menghapus data. Usahakan agar voltase listrik dirumah anda konstan untuk computer dan tersedia cadangan daya yang cukup untuk keperluan shutdown menggunakan prosedur semestinya jika sewaktu2 aliran listrik terputu. Untuk itu, kalau bias gunakan UPS dirumah anda.
Panas yang berlebihan akibat putaran piringan harddisk merupakan salah satu musuh utama harddsisk. Oleha karena itu, mamfaatkan fasilitas hibernasi dan sleep. PAda system operasi Windows, fasilitas tersebut bias diakses melalui Control panel > Display > Klik tombol power dan atur konfigurasi hibernasi dan sleep. Kedua mode ini akan memperlambat putaran piringan harddisk, mengurangi kerja head, dan mengurangi pasokan daya listrik ke harddisk saat computer tidak digunakan.
Atur aliran udara (ventilasi) dalam rangka computer. Ringkaslah dan posisikan kabel supaya tidak menghalangi ventilasi udara. Jika perlu, beriksn kipas tambahan yang mengarah pada harddisk untuk mendinginkannya. Jiks mnrggunakan lebih dari 1 harddisk, jangan menyusunnya terlalu dekat dalam satu tumpukan. Panas dari punggung satu ke harddisk yg lain akan memancar ke permukaan harddisk yg lainnnya.
Jika harddisk anda mendukung fasilitas SMART, aktifkan lewat BIOS. Fasilitas ini bias mendeteksi kondisi harddisk secara berkala dan memberikan peringatan beberapahari sebelum harddisk rusak. Segera pindahkan dan selamatkan isi harddisk yang penting jika muncul peringatan dari SMART.
Membuat beberapa partisi untuk harddisk memisahkan tempat penyimpanan system operasi dan data kerja. Jadi jika sewaktu2 Anda harus menginstall ulang system operasi anda tidak perlu kuatir akan keselamatan data kerja anda

0 komentar: