Kamis, 19 Januari 2012

Komponen yang Ada Dalam Sebuah PC serta CPU

Punya komputer memang sudah bukan barang mewah lagi bagi sebagian orang. Dan sebagian orang pun juga hanya tahu menggunakannya saja , tapi tidak tahu apa saja perangkat yang ada di dalamnya.  Berikut ini ada beberapa sedikit penjelasan  yang saya tahu mengenai komponen-komponen yang ada di dalam sebuah PC. Sebagai berikut : 

1. Mouse Merupakan sebuah  komponen komputer yang bertugas sebagai penggerak kursor dalam layar monitor komputer. Disebut mouse karena kecil dan lincah seperti tikus kecil.

2. Keyboard Merupakan sebuah alat input komputer untuk mengetik dan sebagai shortcut. Biasanya dihubungkan menggunakan USB pada komputer PC dan menyatu dengan komputer atau laptop.

3.Monitor Merupakan komponen untuk melihat semua hasil kerja, proses yang sedang berjalan, dan mengatur isi soft file komputer. Semakin banyak pixel layar maka semakin bagus tampilannya (relatif).

4. CPU Merupakan komponen terpenting karena disinilah diletakkan semua penggerak sebuah komputer atau sistemnya. Biasanya berbentuk kotak atau balok. Di dalamnya pun terdapat beberapa komponen seperti: Pertama , Mother board Merupakan papa sirkuit tempat untuk melekatkan dan meletakkan semua perangkat tambahan pada komputer. Disebut mobo karena inilah yang terutama dalam CPU. Kedua , Hard disk Merupakan tempat penyimpanan dalam waktu lama atau permanen, dan juga sebagai tempat menginstall sistem operasi. Saat ini banyak berukuran gigabyte. Ketiga , Disc driver Merupakan pembaca disc bila sebuah disc dimasukkan. Pembacanya berupa optic, dan dapat dipakai juga untuk menulis pada sebuah kepingan cd (relatif). Keempat , Power supply Merupakan alat penyuplai arus listrik ke dalam komputer. Apabila daya dari power supply lebih rendah dari yang dibutuhkan komponen-komponen dalam CPU maka komponen bisa rusak. Kelima , Fan Merupakan pendingin dalam CPU agar bisa berjalan dengan baik. Biasanya terpasang pada processor, casing internal CPU dan pada hard disk. Keenam , Processor Merupakan otak dari sebuah komputer karena kerjanya yaitu mengkalkulasi semua kegiatan yang berjalan dalam komputer. Semakin canggih semakin bagus (pastilah). Ketujuh , Chipset ( saya sendiri kurang tahu apa itu chipset , jika kalian tahu jangan lupa kasih tahu saya ya,,,) Kedelapan , RAM Merupakan media penyimpanan sementara, terutama untuk program-program yang dijalankan selama komputer terpakai. Kesembilan , PCI Merupakan slot untuk menancapkan tambahan perangkat seperti kartu grafis, kartu suara dan modem. Kesepuluh , Graphic card adalah Tambahan untuk kartu grafis yang berfungsi untuk membantu meningkatkan performa terutama dari sisi visual. Memegang peranan penting terutama dalam komputer yang khusus untuk editing video dan game. Kesebelas , Sound card merupakan Bagian dari komputer untuk memproses file bersuara sehingga bisa kita dengarkan. Saat ini sudah banyak soundcard yang memang sudah menempel pada mainboard. Jadi tidak perlu lagi ditambahkan soundcard. Dan terakhir adalah Modem internal , Saya kira semua sudah tahu tentang ini. Alat vital yang diperlukan untuk bisa terkoneksi dengan internet. Bentuknya lumayan besar, seperti kartu grafis. Dan harus ditancapkan pada slot yang telah disediakan.

0 komentar: