Sabtu, 21 Januari 2012

Istilah Dasar Seputar Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang didukung oleh hardware maupun software yang dibutuhkan, sehingga memungkinkan pengguna untuk saling bertukar data atau berbagi alat. Konsep ini akan bermanfaat bagi seseorang yang membutuhkan lingkup kerja luas namun memiliki sumber daya yang terbatas. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan bisa lebih murah dibandingkan lisensi terpisah untuk jumlah pengguna yang sama. Jaringan komputer terdiri dari beberapa jenis, antara lain:
1. LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan komputer lokal yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Luasan area jaringan LAN tidak lebih dari 1 km persegi. Kebanyakan jaringan LAN menggunakan media transmisi kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Contoh penggunaan LAN yaitu pada jaringan komputer di warnet atau kantor.
Network LanNetwork Lan
2. MAN (Metropolitan Area Network)
Meliputi area yang lebih luas dari pada LAN. Jaringan MAN dapat menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.
MAN MAN
3. WAN (Wide Area Network)
Adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun  kabel bawah laut. Ketiga jenis jaringan ini pada dasarnya sama, yang membedakan adalah luas area yang melingkupi masing-masing jenis, sama seperti hirarki antara kecamatan, kabupaten, dan kotamadya.
Wide Area NetworkWide Area Network
4. Server
Merupakan pusat data atau induk semang dari jaringan. Server memiliki peralatan dengan kemampuan yang lebih tinggi dari pada client dan membutuhkan sistem operasi khusus, termasuk aplikasi dan data yang dibutuhkan jaringan. Server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi di antara node/komponen dalam suatu jaringan.
ServerServer
5. Workstation
Adalah keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam sebuah jaringan. Hampir semua komputer dapat dijadikan workstation. Workstation minimal mempunyai kartu jaringan, aplikasi jaringan, dan media untuk menghubungkan ke jaringan.
WorkstationWorkstation
6. Switch / Hub
Adalah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaeingan dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Biasanya hub berbentuk kotak dengan lampu flip-flop yang digunakan warnet atau jaringan kantor untuk menghubungkan kabel LAN (RJ45).
hub-switchhub-switch
7. TCP/IP (Transmition Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP adalah rangkaian protokol dalam sebuah jaringan yang memungkinkan user melakukan interaksi, pertukaran data, maupun komunikasi. TCP/IP adalah protokol standar yang bisa menghubungkan banyak komputer meskipun berbeda jenis mesin dan sistem operasinya.
TCP/IPTCP/IP
8. Kabel UTP
Media perantara yang dipergunakan untuk menghubungkan IP camera dengan PC atau dengan LAN maupun Internet. Bentuknya diperlihatkan pada gambar berikut ini.
9. Connector RJ 45
Merupakan perangkat pendukung yang digunakan untuk menjepit kabel UTP.  Bentuk connector RJ 45 diperlihatkan pada gambar berikut ini.
Connector RJ 45 Connector RJ 45
10. Access Point
Access point merupakan perangkat networking yang diguna kan untuk mengakses jaringan secara wireless yang memanfa atkan udara sebagai media perantara. Bentuk access point dar vendor D-Link dan Linksys diperlihatkan pada gambar bawah ini:
Access PointAccess Point
11. Topologi Bus
Topologi bus adalah konfigurasi beberapa komputer yang terhubung dengan T-Connector. Topologi ini umumnya menggunakan kabel koaksial atau fiber optik. Bentuk topologi ini diperlihatkan pada gambar di bawah ini:
Topologi BusTopologi Bus
12. Topologi Ring
Topologi ring adalah konfigurasi beberapa komputer yang saling berhubungan membentuk cincin atau ring. umumnya kabel fiber optik sering digunakan pada topologi ini. Bentuk topologi ring diperlihatkan pada gambar di bawah ini:
Topologi RingTopologi Ring
13. Topologi Star
Topologi star adalah konfigurasi beberapa komputer yang terkoneksi melalui sebuah switch/hub dan kabel UTP. Topologi ini merupakan topologi yang paling populer diaplikasikan. Pada topologi ini walaupun kabel UTP sebagai pilihan utama, tetapi dapat juga menggunakan kabel fiber optik. Bentuk topologi ini diperlihatkan pada gambar di bawah ini:
Topologi StarTopologi Star

0 komentar: