Kamis, 19 Januari 2012

Instal Windows 7 di Netbook


Instal windows 7 di komputer PC atau laptop tidaklah susah, kita tinggal masukkan cd installer windows ke dalam optical drive lalu instal. Namun bagaimana cara install windows 7 di netbook? Padahal netbook sama sekali tidak memilki optical drive. Caranya adalah dengan menggunakan Flashdisk.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Backup data pada flashdisk terlebih dahulu, lalu format flashdisk. Gunakan flashdisk 4GB atau lebih.


Install Windows 7 di Netbook

2. Buka command prompt, ketik “diskpart” pada command line untuk memformat dan membuat partisi pada disk aktif. Kemudaian ketik “list disk” untuk melihat disk yang sedang aktif.
Install Windows 7 di Netbook2
Install Windows 7 di Netbook 3

3. Selanjutnya memasukkan perintah partisi dan format NTFS
Ketik Disk# (di mana # adalah nomor flashdisk anda)
Clean  (untuk menghapus partisi yang ada di flashdisk termasuk sektor tersembunyi)
Create Partition 1 (bekerja pada partisi yang baru dibuat)
Active (set partisi untuk aktif, menginformasikan disk firmware bahwa ini adalah partisi sistem yang valid)
Format FS = NTFS (format partisi dengan sistem file NTFS. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan, tergantung pada ukuran kapasitas flashdisk Anda)
Assign (ini memberikan USB drive volume Windows dan huruf drive yang tersedia berikutnya, yang Anda harus menuliskan Dalam kasus kami, drive “L” ditugaskan.)
Exit (menghentikan DiskPart tool)
4. Masukkan DVD instalasi Windows 7 ke komputer, dan lihat semua isi file. Buat folder bernama windows   7 di komputer, kemudian salin semua file ke folder tersebut

Instal Windows 7 di Netbook

5. Kembali ke command prompt, gunakan perintah “CD”, arahkan ke folder tempat Anda meletakkan file-file ISO Windows. Kemudian ketikkan perintah “Boot CD”

Instal Windows di Netbook

6. Salin semua file ISO ke flashdisk. Anda tidak perlu melakukan ini dari command prompt. Hanya drag dan drop file dari folder Windows 7 ke dalam flashdisk menggunakan Windows Explorer. Copy juga driver hardware anda ke drive yang sama sehingga wizard instalasi dapat menemukan mereka.
7. Bila sudah selesai semua, masukkan flashdisk anda ke komputer/netbook yang ingin anda instal windows   7. Masuk ke bios dan setting agar botting dilakukan melalui flashdisk.
Installer Windows 7 di Netbook

0 komentar: